Apa Saja Marketplace Resmi Di Indonesia?

Spread the love

Semenjak teknologi semakin canggih sekarang sudah banyak bermunculan marketplace di Indonesia. Kemunculan marketplace ini jelas memudahkan para penjual dan juga pembeli yang tidak mau direpotkan saat melakukan transaksi jual dan beli. Selain lebih efisien, belanja di marketplace juga lebih murah dan kadang dapat diskon juga. Untuk tahu marketplace yang terbaik dan terpopuler bisa baca dulu beberapa ulasan di bawah ini.

7 Marketplace Dengan Konsumen Terbanyak

Seperti yang sudah dijelaskan tadi kalau di Indonesia sudah banyak bermunculan marketplace. Tetapi tidak semua marketplace memiliki banyak konsumen hanya marketplace yang pelayanannya terbaik saja yang bisa memperoleh konsumen banyak. Dari sekian banyak marketplace hanya ada beberapa saja yang disukai masyarakat Indonesia dan berikut adalah daftarnya.

  • Blibli

Blibli merupakan marketplace yang dibuat oleh orang Indonesia dan perusahaan yang membuat marketplace ini adalah Djarum. Blibli dulunya hanya fokus menerima konsumen yang ingin membeli barang-barang elektronik saja. Tetapi sekarang karena permintaan pasar makin tinggi maka Blibli mulai menyediakan jenis barang lainnya seperti barang kebutuhan sehari-hari dan juga fashion.

  • Tokopedia

Pada tahun 2009 Tokopedia dibuat dan yang mendirikan marketplace ini adalah William Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edison. Tokopedia dulunya adalah marketplace yang kecil tetapi sekarang sudah berkembang pesat menjadi perusahaan dengan kategori Unicorn yang nilai valuasinya sampai 1 miliar dolar. Masih jarang perusahaan di Indonesia yang bisa seperti Tokopedia ini.

  • Shopee

Shopee merupakan marketplace yang besar dan asalnya bukan dari Indonesia tetapi dari Singapura, meskipun begitu Shopee tetap disukai oleh orang Indonesia. Shopee sangat memperhatikan konsumennya, buktinya adalah setiap memberikan layanan selalu memuaskan konsumen. Karena layanan tersebutlah yang membuat Shopee merajai pasar di Asia Tenggara. Shopee juga sering memakai jasa artis terkenal untuk mempromosikan produknya, seperti idol-idol dari Korea Selatan.

  • Lazada

Lazada tidak beda dengan marketplace sebab marketplace ini skalanya sudah internasional sebab di bawah naungan Alibaba. Alibaba sendiri merupakan perusahaan yang dimiliki Jack Ma, salah satu pengusaha terkaya di dunia sekarang ini. Lazada kantor pusatnya ada di Singapura, konsumen Lazada bukan dari Singapura saja tetapi dari seluruh negara seperti Indonesia. Ada tiga orang yang berperan penting membesarkan nama Lazada, tiga orang tersebut adalah Marc Samwer, Alexander Samwer dan juga Oliver Samwer.

  • Bukalapak

Marketplace selanjutnya adalah Bukalapak, marketplace ini dibuat langsung oleh orang Indonesia yang namanya adalah Achmad Zacky. Dulunya kantor Bukalapak masih kecil sekali tetapi sekarang sudah besar sekali dan mendapatkan predikat sebagai perusahaan Unicorn. Meskipun dijalankan orang Indonesia bukan berarti Bukalapak tidak bisa bersaing dengan marketplace dari negara asing sebab Bukalapak sendiri sudah memperoleh banyak sekali penghargaan.

  • Zalora

Zalora pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 dan dikenalkan di 8 negara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Taiwan, Hong Kong dan juga Vietnam. Zalora memakai tiga bahasa untuk membantu konsumen yang tidak dapat memakai bahasa Internasional. Karena tidak banyak pesaing yang fokus dengan bidang bisnis yang digeluti Zalora membuat marketplace ini menjadi besar.

  • JD

JD adalah marketplace yang mengalami perubahan nama paling banyak, sebelum dinamai JD punya nama lainnya seperti Jingdong Century Trading. Nama JD mulai digunakan di tahun 2013 dan perubahan nama ini membuat perkembangan JD makinĀ  pesat dan sampai akhirnya masuk pasar Indonesia. Karyawan JD sekarang sudah 200 ribu.

Tips Belanja Di Marketplace Agar Tidak Rugi

Membeli produk di marketplace memang lebih mudah dan menguntungkan juga karena produk yang dijual di marketplace rata-rata harganya lebih murah dari pada di toko di dunia nyata. Tetapi bukan berarti konsumen selalu untung sebab banyak konsumen yang merasa dirugikan setelah membeli di marketplace. Agar tidak mengalami hal tersebut baiknya ikuti tips bermanfaat berikut ini dulu.

  • Lihat Ratting Toko

Marketplace itu merupakan kumpulan banyak toko online dan konsumen harus mencari dulu manakah toko yang rattingnya paling bagus. Jika ratting bagus pasti toko tersebut sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen sebelumnya, tetapi kalau ratting jelek jangan membeli di situ meskipun untuk harga produknya lebih murah.

  • Lihat Komentar Konsumen

Berikutnya adalah selalu cek komentar dari konsumen yang pernah membeli, komentar ini bisa jadi bahan penilaian jika komentarnya bagus maka toko tersebut juga bagus. Tetapi perlu hati-hati juga sebab ada banyak toko yang membuat komentar sendiri untuk menipu konsumen jadi pastikan dengan benar itu konsumen asli atau abal-abal.

  • Bandingkan Toko

Terakhir harus membandingkan toko, hal tersebut perlu sekali dilakukan karena tidak semua toko menawarkan harga yang sama untuk produk yang sama. Kadang harga bisa lebih mahal dikarenakan tokonya sudah terkenal, jadi harus bisa membandingkan minimal 3 buah produk di toko yang berbeda-beda.